![]() |
Bus Neoplan, Futuristik
Dengan
ciri desain hidung yang lebih mancung ke depan, ditambah tiga lampu
depan di kiri dan kanan, bus desain Neoplan benar-benar futuristik.
NEOPLAN
merek pabrikan pembuat rancang bangun bus yang berpusat di Muenchen,
Jerman. Neoplan anak perusahaan dari NEOMAN BUS Gmbh yang menghasilkan
bus dengan desain futuristik dan inovatif, baik untuk bus antarkota,
buskota, bus antarnegara, hingga bus apron dengan jaringan tersebar di
200 negara, dengan konsep perusahaan berwawasan global. Neoplan juga
sebagai pelopor dalam perencanaan dan desain bus yang independen, aman,
dan nyaman dengan orientasi tradisi yang berkelas (VIP Class).
Salah
satu jenis bus yang dihasilkan Neoplan adalah bus yang menggunakan
suspensi udara, yang saat ini semakin banyak digunakan di Indonesia.
Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah, seiring dengan tingginya
minat masyarakat untuk menikmati armada bus yang nyaman di tanah air.
Bus
jenis ini hadir khusus bagi konsumen bus yang menginginkan kenyamanan
untuk perjalanan. Dengan ruang yang lebih lapang dan luas, Neoplan juga
dinobatkan sebagai bus air suspension pertama di Indonesia.
Neoplan,
salah satu produk unggulan keluaran karoseri Adiputro, dengan lisensi
dari Neoplan Jerman. Sebuah bus bagi konsumen yang menginginkan armada
bus dengan cita rasa berbeda dalam perjalanan, baik untuk kalangan tua
maupun muda, yang mengharapkan kenyamanan.
Dahulu
konsumen bus di Indonesia menghadapi gangguan kenyamanan saat menempuh
perjalananan melewati jalan di Indonesia yang tidak semuanya mulus.
Dengan Neoplan, jalan yang tidak mulus tidak memengaruhi kenyamanan
penumpangnya.
Dengan
ciri desain hidung yang lebih mancung ke depan, untuk menyembunyikan
kipas pembersih kaca depan bus, ditambah dengan tiga lampu depan di kiri
dan kanan, bus desain Neoplan benar-benar futuristik.
Empat
buah balon udara sebagai suspensi di setiap as rodanya memberikan
sentuhan kenyamanan, baik untuk perjalanan jauh maupun dekat. Lampu
belakang bus dengan mika besar ciri khas Karoseri Adiputro, Malang, Jawa
Timur ini tersusun rapi, menjadikan sosok bus Neoplan kian elegan untuk
dipandang.
Bus ini
terdiri dari 43 tempat duduk penumpang dengan konfigurasi 2-2 yang
recleaning seat yakni dua penumpang di deretan kiri dan dua penumpang di
deretan kanan. Bus ini dilengkapi dengan televisi dan audio Pioneer
untuk menemani perjalanan Anda sambil berkaraoke.
Neoplan
hadir di Indonesia mengusung mesin Mercedes Benz OM 366 LA Turbo
intercooler yang biasa digunakan untuk tipe chasis Mercedes Benz OH
1521. Sedangkan untuk chasis, Neoplan menggunakan teknologi monocoque, yakni tidak ada dasar chasis panjang bus sebagaimana umumnya, melainkan berupa dua frame utama yaitu satu untuk sumbu depan dan satu untuk sumbu belakang yang dirangkai menjadi satu kesatuan menjadi sebuah bus.
Bus
buatan tahun 1999 dengan karoseri Adiputro ini pada awalnya digunakan
untuk trayek reguler Jakarta-Surabaya-Malang dengan kelas executive plus
toilet di dalamnya. Namun saat ini digunakan sebagai bus pariwisata
minus toilet oleh operator Pahala Tour di bawah payung Grup Pahala
Kencana, untuk melayani konsumen di kelas VIP.
Monocoque
DALAM
bahasa Prancis berarti satu rangkai yakni suatu teknik konstruksi yang
terangkai untuk menutupi secara sebagian atau keluruhan isi. Hal ini
berbeda dengan penggunaan chasis internal yang ditutupi dengan desain
panel bodi.
Untuk
mengetahui konstruksi monocoque di kendaraan ini, cukup dengan
memerhatikan bahan-bahan di sekitar kaca jendela, atau pintu yang telah
diperkuat dengan material tambahan yang lebih kuat, seperti yang terbuat
dari serat karbon atau bahan lain yang lebih kuat.
Perhatian
utama dalam konstruksi ini yaitu distribusi bobot yang merata,
mengurangi celah terjadinya korosi, mengurangi beban kerja pembuatan.
Kalau dibandingkan dengan tipe konstruksi lain, yang mengunakan bodi
ditempelkan ke rangka, kendaraan dengan konstruksi monocoque lebih mahal
dan kuat. Desain monocoque memberikan penampilan yang lebih memesona.
Untuk bus, pertama kali menggunakan konstruksi monocoque
adalah Neoplan di tahun 1988, dengan nama Metroliner. Neoplan membuat
bus tanpa menggunakan chasis yang lebih umum digunakan untuk konstruksi
bus. Dengan desain yang lebih futuristik, menambah dinamika dunia
otomotif, khususnya bus, sehingga lebih menarik lagi dengan
desain-desain yang menawan.
Bus Sistem Suspensi Udara
Sistem
suspensi bus didesain dan dibuat untuk memberikan kenyamanan, kepuasan,
pengendalian yang prima, dan aman baik bagi pengemudi, penumpang, juga
kendaraan lain. Untuk bus biasa dikenal sistem pegas daun besi. Sistem
suspensi ini terdari atas lembaran besi yang disusun sedemikian rupa,
untuk memeroleh kestabilan dan berkendara.
Untuk
memberikan kenyamanan sehingga didapat rasa lembut dalam meredam
guncangan, dalam kendaraan dikembangkan sistem suspensi udara. Sistem
suspensi udara menggunakan balon yang berisi udara untuk suspensinya,.
menggantikan pegas besi,. sehingga diperoleh performa dan pengendalian
yang lebih baik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar